PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Bekasi, 4 Mei 2009
PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL DAN PEMBUKAAN PEKAN OLAH RAGA PELAJAR SE KABUPATEN BEKASI TAHUN 2009
Bupati Bekasi, Drs.Sa’duddin,MM, Senin 4 Mei 2009 bertempat di Plaza Pemda Kabupaten Bekasi bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional. Bupati Bekasi pada acara tersebut membacakan sambutan Menteri Pendidikan Nasional Prof.DR.Bambang Sudibyo,MBA Adapun tema peringatan Hadrdiknas tahun ini adalah “Pendidikan Sains, Teknologi,dan Seni Menjamin Pembangunan Berkelanjutan dan Meningkatkan Daya Saing Bangsa” Tema tersebut sangat relevan dengan permasalahan dewasa ini dalam kaitannya pada peningkatan mutu pendidikan Nasional
Dalam sambutannya Mendiknas menegaskan kembali rencana strategis Depdiknas . “Dalam kurun waktu 2005 – 2009 telah ditetapkan tiga pilar kebijakan , yaitu, Pertama : Pemerataan dan perluasan akses pendidkan. Kedua,peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan. Ketiga, Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Citra Publik Pendidikan. Pada akhir tahun 2008 hampir seluruh kinerja utama Rencana strategis telah tercapai.
Mendiknas juga menegaskan kembali kebijakan Depdiknas dalam perbaikan peserta didik SMK : SMA, yaitu kebijakan Depdiknas membalik dari 30 : 70 pada tahun 2004 menjadi 70:30 pada tahun 2015. Untuk itu pemerintah membangun lebih banyak SMK dari pada SMA, hingga akhir tahun 2008 telah dibangun 466 USB SMK dan 237 SMA serta 6.918 RKB (Euang Kelas Baru) SMK. “Ekstensifikasi dan intensifikasi penyelenggaraan pendidikan kejuruan melalui berbagai bentuk SMK, yaitu SMK besar di kawasan industri, SMK kelas jauh di pesantren atau institusi sejenis, SMK di daerah perbatasan, SMK kecil di daerah terpencil dan pedesaan, SMA Terbuka serta sekolah menengah terpadu. Hasilnya pada akhir tahun 2008 rasio SMA dan SMK telah turun menjadi 46:54 “ tambah Mendiknas.
Dalam kesempatan upacara menyambut Hardiknas tersebut, Bupati Bekasi juga membuka secara resmi kegiatan POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2009. Dalam laporannya, Drs . H. Haries Widjaya MM selaku ketua panitia peringatan Hari Pendidikan Nasional dan kegiatan POPDA menjelaskan bahwa event olahraga tersebut akan berlangsung tanggal 4 – 6 Mei 2009 dengan cabang olah raga yang dipertandingkan sebanyak 14 cabang olah raga dan terdiri dari Atletik,Bulutangkis Bola Volly,Tenis Meja, Pencak silat,Renang, sepak Takraw, Sepak Bola, Bola Basket, Tenis Lapangan, Panahan, Karate, Catur dan Gulat
Pekan Olah Raga Pelajar dengan peserta pelajar tingkat SD,SMP.SMA/SMK tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan olah raga para pelajar sejak dini dan menghasilkan juara- juara dari cabang olah raga yang akan dipertandingkan sebagai bahan binaan dimasa yang akan dating.
Rangkaian acara tersebut di atas diakhiri dengan parade dan defile peserta Popda dari 23 kecamatan yang disaksikan oleh para anggota Muspida Kabupaten Bekasi, antara lain Bupati,Kapolres Metro Bekasi Kabupaten, dan Kepala Kejaksaan Negeri Cikarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: