EKPOS PEMANTAUAN HASIL ADIPURA KABUPATEN BEKASI

PRESS RELEASE

EKPOS PEMANTAUAN HASIL ADIPURA KABUPATEN BEKASI

Bertempat di ruang rapat Bupati, Jum’at, 20 Februari 2009, Drs. H.Dadang Mulyadi, MM selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi memimpin rapat Ekpos Pemantauan Hasil Adipura Kabupaten Bekasi tahun 2008. Acara pemaparan tersebut dihadiri pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Ir.Daryanto, M.Si selaku Ketua Pelaksana, perwakilan BPLHD (Badan Pemantau Lingkungan Hidup Daerah) Propinsi Jawa Barat , perwakilan Tim Penilai Adipura, termasuk para camat, kepala sekolah serta dari dinas-dinas dan instansi terkait.

Dalam sambutannya seusai pemaparan atau ekspos tersebut, Drs. H. Dadang Mulyadi, MM menyatakan keprihatinannya tentang kondisi lingkungan hidup di Kabupaten Bekasi.’ Saya baru tahu nilai Adipura Bekasi cuma 63,61. Ibarat murid sekolah, naik kelas tapi nilainya pas-pasan. Bagaimana supaya kita naik kelas dengan nilai yang memuaskan, paling tidak 70 lah. Dari aspek pemukiman nilainya cuma 60,48, jalan nilainya 60,42, kantor 71, bahkan sekolah yang banyak muridnya nilainya cuma 60. Dulu jamannya saya SMA, murid-murid disuruh angkat meja dan membersihkan kelas,’ ujar Sekda yang disambut para undangan dengan penuh tawa.

Suasana lucu tapi penuh keprihatinan itu berlanjut ketika perwakilan dari Tim Penilai Adipura menayangkan gambar-gambar lokasi atau daerah di Kabupaten Bekasi yang dinilai masih semrawut, jorok dan kotor, misalnya di jalan raya yang saluran airnya dipenuhi sampah atau di Puskesmas yang ruang tunggunya tidak memiliki satu tempat sampahpun. Ini jelas jauh dari filosofi Piala Adipura yang menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.14 Tahun 2006 sebenarnya cukup sederhana, yaitu ‘Mewujudkan Kota yang Bersih,Teduh dan Asri’. Piala Adipura itu sendiri terbagi dalam tiga jenis penghargaan, yaitu Anugerah Adipura, Piagam Adipura dan Plakat Adipura. Sedangkan katagori penilaiannya mencakup Fisik, Non Fisik dan Verifikasi oleh tim Penilai.

Untuk meraih penghargaan Adipura diperlukan beberapa strategi dan kiat-kiat tertentu, misalnya mengadakan lomba Adipura tingkat RW dan kelurahan. Namun yang terpenting adalah menciptakan kesadaran terhadap lingkungan hidup, membangun komitmen, dan menegakkan Perda tentang K3.

Bekasi, 20 Februari 2009.

A/n.Kepala Bagian Administrasi Hubungan Masyarakat

Setda Kab.Bekasi,

Kasubag Pemberitaan dan Dokumentasi

Drs.Ahadi Yuliasmono

NIP.131916757

Satu Tanggapan to “EKPOS PEMANTAUAN HASIL ADIPURA KABUPATEN BEKASI”

  1. Asep Sujana Says:

    Pak Dadang jangan mimpi Kab bekasi dapat adepura selama pembakaran liar limbah pabrik yang mengakibatkan polusi udara yang sangat parah di sepanjang kalimalang menuju delta mas kantornya pak bupati tidak ditertibkan. Kami warga cikarang baru selalu sesak napas tiap pagi, siang, sore dan malam pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: