HARI KRIDA PERTANIAN KE 37 & PENCANANGAN GERAKAN TANAM SEREMPAK

HARI KRIDA PERTANIAN KE 37 & PENCANANGAN GERAKAN TANAM SEREMPAK KABUPATEN BEKASI
Bupati Bekasi Drs. H. Sa’duddin, MM, pada acara Pencanangan Rangkaian Kegiatan Hari Krida Pertanian Ke-37 dan Gerakan Tanam Serempak Tingkat Kabupaten Bekasi, yang dilaksanakan pada Kamis, 18 Juni 2009, bertempat di Desa Jatibaru Kecamatan Cikarang Timur, berharap agar diisi dengan berbagai kegiatan yang dapat mendorong petani-nelayan untuk dapat meningkatkan kualitas diri sehingga menjadi petani-nelayan yang tangguh, memiliki ketrampilan dalam menerapkan teknologi inovatif yang tepat guna, mampu memperoleh tingkat pendapatan dan kesejahteraan yang layak, mampu menghadapi resiko usaha, mampu memanfaatkan azas skala ekonomi dan memiliki kekuatan mandiri dalam persaingan di dunia usaha.
Dalam bidang pertanian, terutama beras, kontribusi Kabupaten Bekasi terhadap produksi padi nasional menyumbang sebesar 1% dan kontribusi untuk Jawa Barat sebesar 5 %. Sementara untuk konsumsi penduduk Kabupaten Bekasi dengan Jumlah Penduduk lebih kurang 2,1 juta sebesar 277.513 ton, sedang jumlah produksinya sebesar kurang lebih 300.000 ton beras, sehingga masih terdapat surplus pada komoditi pertanian beras.
Bupati juga menekankan kepada petani-nelayan hal-hal sebagai berikut :
1. Manfaatkan air irigasi atau air dari sumber lainnya se-optimal mungkin, sesuai dengan kebutuhan tanaman.
2. Manfaatkan sisa waktu dalam satu tahun sesudah menanam padi dengan menanam tanaman produksi yang umurnya sesuai dengan sisa waktu yang tersedia,
3. Jadikan Hari Krida Pertanian Ke-37 ini sebagai wahana komunikasi untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan upaya belajar kemandirian usaha, serta meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan diantara sesama petani-nelayan.
Sementara itu dalam laporannya, Kepala Badan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Drs H. Haris Widjaja, MM. Kegiatan Hari Krida Pertanian ini, diisi dengan acara, Pameran dan Gelar Produk, Perlombaan pengetahuan dan ketrampilan bagi Kontak Tani-Nelayan Andalan utusan dari 23 Kecamatan, Rembug Paripurna Kontak Tani-Nelayan Andalan, Bhakti Tani, Seminar Sehari bidang Pertanian yang diselenggarakan PERHIPTANI (Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia) dan Panggung Kreasi Seni Tradisional. Adapun puncak acara peringatan Hari Krida Pertanian akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2009, yang sekaligus penyerahan penghargaan kepada anggota Lembaga Penyuluh Pertanian yang berprestasi.

Bekasi, 18 Juni 2009

KEPALA BAGIAN ADM. HUMAS
SETDA KAB. BEKASI

Drs. M. A SUPRATMAN, M.Si
Pembina
NIP. 19630815 198503 1 015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: