Profil Kabupaten Bekasi

Latar Belakang.

Perencanaan wilayah yang komprehensif dan terintegrasi sangat diperlukan dalam pencapaian hasil pembangunan yang optimal diberbagai sektor di Kabupaten Bekasi, apalagi sejak diberlakukannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan daerah dan Pusat. Hal ini merupakan peluang bagi daerah untuk memanfaatkan semaksimal mungkin bagi percepatan pembangunan di daerah khususnya Kabupaten Bekasi.

Pemanfaatan berbagai potensi yang ada harus dilakukan sehingga dapat memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya bagi kepentingan pembangunan diberbagai sektor ekonomi yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Bekasi.

Kabupaten Bekasi dengan Visi “ Manusia unggul yang agamis berbasis agribisnis dan industri berkelanjutan” merupakan motto strategi arah kebijakan pembangunan Kabupaten Bekasi.

Maksud dan Tujuan

Pembuatan artikel potensi Pemerintah Kabupaten Bekasi ini bertujuan memberikan sejumlah informasi penting Visi, Misi dan gambaran berdasarkan data, gambar serta fakta yang ada sehingga dapat memberikan gambar kemajuan pembangunan yang telah dicapai serta memberikan informasi prospek berinvestasi di Kabupaten Bekasi.

Kabupaten Bekasi secara geografis termasuk dalam Propinsi Jawa Barat yang dalam pertumbuhannya memiliki sejarah yang panjang dan penuh dinamika dan keberadaannya tidak dapat dipisahkan dari sejarah Kota Bekasi.

Kabupaten Bekasi sebagai penyangga Ibukota Negara mengalami pertumbuhan yang pesat sehingga memerlukan peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana yang ada, maka bermunculanlah kawasan-kawasan industri sehingga Kabupaten Bekasi dapat dikatakan sebagai salah satu sentra industri terbesar yang ada di wilayah Jawa Barat bahkan se-Asia Tenggara.

Secara administratif Kabupaten Bekasi termasuk salah satu Kabupaten di Propinsi Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta. Mempunyai luas 127.388 Ha, yang terbagi menjadi 23 kecamatan dan 187 desa dengan batas-batas wilayah, sebelah barat berbatasan dengan Kota Bekasi dan DKI Jakarta, sebelah timur dengan Kabupaten Karawang, sebelah utara dengan laut Jawa, sebelah selatan dengan Kabupaten Bogor. Letak geografis Kabupaten Bekasi berada di bagian utara Jawa Barat, terletak 1060 48’ 28” BT 1070 27’ 29” dan 6 0 10’ 6“ LS.

Jumlah penduduk Kabupaten Bekasi pada tahun 2004 mencapai 1.950.209 jiwa. Bila dilihat dari rasio penduduk berdasarkan kelamin adalah 1,04 banding 1,00, dimana jumlah penduduk laki-laki sebanyak 996.150 jiwa dan perempuan 954.054 jiwa. Adapun laju pertumbuhan penduduk hasil perhitungan sensus tahun 2000 sebesar 4,23 % terdiri dari migrasi 2,33 % dan alamiah 1,90 %.

Pada tahun 2005 jumlah penduduk Kabupaten Bekasi bertambah menjadi 2.027.902 jiwa atau mengalami pertumbuhan sebesar 3,98 % dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 33 Tahun 2001, Visi Kabupaten Bekasi adalah “Manusia unggul yang agamis berbasis agribisnis dan industri yang berkelanjutan” yang merupakan hasil rumusan dan tujuan yang ingin dicapai masyarakat Kabupaten Bekasi di masa yang akan datang. Visi tersebut dijabarkan ke dalam 7 (tujuh) Misi, yaitu :

1. Meningkatkan kualitas manusia yang sehat, pintar dan benar;

2. Meningkatkan profesionalisme institusi pemerintah daerah, DPRD dan masyarakat;

3. Mendorong terciptanya berbudaya, demokratis dan agamis;

4. Memberdayakan usaha kecil, menengah dan besar yang berbasis pada ekonomi kerakyatan;

5. Menegakkan supremasi hukum dan ketertiban;

6. Membangun prasarana dan sarana publik secara terpadu;

7. Mengharmoniskan tata ruang yang berbasis kepedulian terhadap lingkungan.

Kondisi Kabupaten Bekasi merupakan daerah pertanian, industri, perdagangan dan jasa. Bekasi juga dibagi dalam 4 (empat) wilayah pengembangan, yaitu :

Ø Wilayah Pengembangan (WP) I merupakan kawasan pengembangan khusus Pantura, diatur secara khusus dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi Nomor 5 Tahun 2003. karakter WP I adalah kota baru dengan sebutan Kota Baru Pantai Makmur seluas 25.028 Ha yang meliputi Kecamatan : Babelan, Tarumajaya dan Muaragembong yang peruntukannya meliputi pengembangan permukiman, perdagangan dan jasa, pelabuhan (pergudangan/ terminal peti kemas), industri dan pariwisata.

Ø Wilayah Pengembangan (WP) II adalah wilayah bagian timur Kabupaten Bekasi yang mempunyai karakter untuk memproduksi hasil-hasil pertanian seluas 47.020 Ha, meliputi Kecamatan : Cabangbungin, Tambelang, Pebayuran, Sukatani, Karangbahagia dan Kedungwaringin.

Ø Wilayah Pengembangan (WP) III adalah wilayah bagian tengah koridor timur barat Kabupaten Bekasi yang mempunyai karakter perkotaan dengan dominasi permukiman, perdagangan dan jasa, industri dan pemerintahan seluas 36.625 Ha, meliputi Kecamatan : Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Timur, Cikarang Utara, Cikarang Pusat dan Kedungwaringin.

Ø Wilayah Pengembangan (WP) IV adalah wilayah bagian selatan Kabupaten Bekasi yang mempunyai karakater untuk konservasi dan permukiman, pengembangan pertanian holtikultura serta pariwisata seluas 17.014 Ha, meliputi Kecamatan : Stu, Serang Baru, Cibarusah dan Bojongmangu.

Jenis Industri unggulan yang ada di Kabupaten Bekasi:

1. Jenis elektronika lokasi kawasan industri

2. Jenis tekstil/ pakaian jadi lokasi kawasan industi

3. Jenis komponen kendaraan lokasi kawasan industri

4. Jenis boneka lokasi kawasan industri

5. Jenis kamasan lokasi Kecamatan Setu

6. Jenis bordir lokasi Kecamatan Tambun Selatan

7. Jenis tas kulit ular lokasi Kecamatan Cabangbungin

Sarana ibadah yang ada di Kabupaten Bekasi :

1. Masjid berjumlah 1.027

2. Mushola berjumlah 212

3. Langgar/ Surau berjumlah 2.599

4. Gereja berjumlah 10

5. Pura berjumlah 1

6. Vihara berjumlah 4

Jumlah 3.782

Sarana pendidikan yang ada di Kabupaten Bekasi :

1. Taman kanak-kanak berjumlah 241

2. Sekolah Dasar Negeri berjumlah 700

3. Sekolah Dasar Swasta berjumlah 65

4. Madrasah Ibtidaiyah berjumlah 156

5. SLTP Negeri berjumlah 54

6. SLTP Swasta berjumlah 124

7. Madrasah Tsanawiyah berjumlah 114

8. SLTA Negeri berjumlah 20

9. SLTA Swasta berjumlah 60

10. Madrasah Aliyah berjumlah 34

11. SLB berjumlah 2


Perkembangan pembangunan perumahan di Kabupaten

POTENSI KABUPATEN BEKASI

bagan1

  1. Industri dan Pergudangan

Dampak kejenuhan industri dan pergudangan di wilayah DKI Jakarta khususnya di Kawasan Khusus Pantai Utara.

  1. Permukiman dan Properti

Ketersediaan rencana tata ruang, menjadi potensi untuk mengembangkan kawasan-kawasan yang strategis, khususnya perkotaan Cikarang dan rencana Kota Teluk Jakarta.

  1. Jalan Tol

Direncanakan Jalan Tol Karang Tanjung (Cikarang -Tanjung Priok) dan Cikarang-TMII di bagian Selatan.

4. Pelabuhan

Adanya jalur alternatif di Jalur Pantura Kab. Bekasi yang menyatu dengan Pantura DKI serta letaknya di antara Pelabuhan Tanjung Priok dengan Pusat Kegiatan Industri Cikarang.

5. Pariwisata

Pantai Barat Muaragembong dapat menjadi bagian yang potensial bagi pengembangan industri pariwisata di wilayah Ancol.

6. Perdagangan dan Jasa

Konsekuensi dari tumbuh dan berkembangnya kegiatan ekonomi perkotaan yang ada telah memacu perkembangan sektor perdagangan dan jasadi wilayah tersebut.

7. Pertambangan minyak dan gas

Adanya sumber minyak dan gas yang ada di Kecamatan Babelan memberikan dampak pada tumbuhnya kegiatan pertambangan dan ikutannya.

PRIORITAS PEMBANGUNAN DAERAH

  1. Pengentasan kemiskinan dan pengangguran
  2. Peningkatan pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan
  3. Optimalisasi kinerja pelayanan umum pemerintahan
  4. Peningkatan daya beli masyarakat
  5. Peningkatan produktivitas dan nilai tambah perekonomian daerah yang berbasis ekonomi kerakyatan
  6. Pemerataan pembangunan antar wilayah
  7. Pembangunan wilayah perbatasan
  8. Pengembangan cakupan infrastruktur wilayah dan daya dukung lingkungan

Potensi Aksesibilitas Kawasan dengan
Kota Bekasi dan DKI Jakarta Saat Ini

akses-dki1

POTENSI

Hubungan Eksternal pada Kawasan Pantura Bekasi


hubungan-eksternal

fungsi-kab-bekasi

Faktor Eksternal

faktor-ekternal



Satu Tanggapan to “Profil Kabupaten Bekasi”

  1. HAYA Says:

    ALHAMDULILLAH BAGUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: